Category Archives: Kuliner

Wisata Kuliner Lahat: Bandrek Gombloh Pasar Lematang (Bandrek Ini Dia)

Menurut artikel wikipedia yang saya baca, Bandrek adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia, yang dikonsumsi untuk meningkatkan kehangatan tubuh. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tetapi pada daerah tertentu biasanya menambahkan rempah-rempah tersendiri. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Untuk di Lahat sendiri, salah satu tempat minum bandrek favorit saya yaitu Bandrek Ini Dia atau sangat terkenal dengan nama Bandrek Gombloh.

Minum Bandrek Gombloh
Minum Bandrek Gombloh

Bandrek Gombloh dapat ditemui pada malam hari di daerah Pasar Lematang, tepatnya di pusat jajanan kuliner malam hari di Lahat, lebih tepatnya lagi Bandrek Gombloh berada persis di seberang BRI Cabang Pasar Lematang.
Selain untuk menghangatkan tubuh, bandrek juga bermanfaat antara lain mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah, mengobati mual, dan menjaga stamina tubuh. Dengan bermodal Rp. 5.000,-, teman-teman sudah bisa merasakan hangatnya Bandrek Gombloh serta manfaat bagi tubuh teman-teman sendiri.

Wisata Kuliner Lahat: Kedai Jajan Jogja

Kedai Jajan Jogja, kalau didengar sekilas dari namanya, kita akan menyangka tempat wisata kuliner ini berada sesuai dengan namanya yaitu di daerah Jogja (Yogyakarta) padahal salah besar. Teman-teman dapat menjumpai kedai jajan ini di kota Lahat, Sumatera Selatan tepatnya di daerah Gunung Gajah dekat komplek sekolah Santo Yosef Lahat. Untuk warga Lahat sendiri, Kedai Jajan Jogja atau akrab didengar Kedai Jogja sudah sangat tidak asing lagi. Kedai yang didirikan oleh Mbak Atika Noprida (Mbak Tika) tanggal 23 Oktober 2013 ini, telah berhasil memikat lidah pelanggannya dengan makanan dan minuman yang beragam, tak luput juga dari makanan ala daerah Jogja yaitu konsep angkringan yang menyediakan “nasi kucing” (Porsi nasi kucing yaitu sedikit, biasanya ditambah sambal, ikan, dan tempe, lalu dibungkus daun pisang). Selain nasi kucing, Kedai Jogja juga terkenal dengan es krimnya yang yummie. Beragam menu es krim yang disediakan di Kedai Jogja yang dakedai-jogja-lahatpat kita pilih sesuai dengan selera.
Kedai Jogja juga sering menjadi tempat diadakannya event, pertemuan, bedah film maupun acara sosial dan budaya lainnya. Dan tak kalah serunya, untuk bulan ramadhan seperti sekarang ini, Kedai Jogja sudah siap menampung teman-teman yang ingin mengadakan buka puasa bersama. Harga terjangkau, menu yang beragam, pelayanan yang ramah dan suasana yang asyik menjadi nilai jual tersendiri yang bakal memanjakan teman-teman berada disana.
Untuk info reservasi ataupun galeri foto-foto Kedai Jogja, teman-teman dapat langsung check it out Facebook Kedai Jogja.

 

Wisata Kuliner Lahat: Mantapnya Menu Nasi Liwet di Bakoel Sajian Lahat

Nasi liwet, itu salah satu menu masakan yang pernah saya dengar dan membuat saya menjadi penasaran kepingin coba. Hmm.. kayaknya enak juga cicip masakan khas nusantara yang satu ini. Bertempat di Bandar Jaya Lahat, terdapat tempat makan yang diberi nama “Bakoel Sajian” yang menyediakan beragam menu masakan nusantara khususnya masakan Sunda. Saya bersama teman segera meluncur ke lokasi untuk menghilangkan rasa penasaran saya mencicipi yang namanya Nasi Liwet. Walaupun masakan Nasi Liwet ini masakan khas dari Solo, tapi kita gak perlu jauh-jauh datang ke Solo untuk menikmatinya, sudah tersedia di kota Lahat. Rasanya yang gurih, membuat menu santap malam saye terasa berbeda. Selain menu masakan Sunda, Bakoel Sajian juga menyediakan berbagai macam makanan oleh-oleh khas dari berbagai daerah di Indonesia. Pokoknya mantap dah..

Menu Nasi Liwet di Bakoel Sajian Lahat
Menu Nasi Liwet di Bakoel Sajian Lahat

 

 

 

 

 

 

UPDATE: TOKO SUDAH TUTUP

Wisata Kuliner Lahat: Bubur Kacang Ijo Mas Pik, Depan Masjid Agung Pasar Lama Lahat

Makan malam udah, tapi perut masih laper? Enaknya keliling kota Lahat asyik juga sambil cari tambahan buat ganjel ni perut, haha.. Bubur kacang ijo, salah satu alternatif untuk mengganjal perut di malam hari. Teman-teman yang suka makan bubur, bisa dicicip deh Bubur kacang ijo Mas Pik, di depan Masjid Agung Pasar Lama Lahat. Selain bubur kacang ijo, Mas Pik juga nyediain bubur ketan hitam, dan bandrek. Wuaaaah tambah mantap tuh, hahaha… Kisaran harga 5 – 8 ribu rupiah, udah bisa kita dapetin sajian bubur sambil menikmati kota Lahat di malam hari. Selamat berwisata kuliner đŸ™‚

bubur-mas-pik

Wisata Kuliner Lahat: Atrium Liverpool Lahat, Tempat Makan dan Nongkrong Asyik

Gak bosen-bosen yang namanya berwisata kuliner, hehe. Emang udah hobi, sekalian cari ide buat posting blog. Panas terik tak menyurutkan niat Adi untuk mencicipi bermacam kuliner di kota Lahat tercinta ini. Hari ini giliran Atrium Liverpool yang menjadi incaran untuk makan siang. Bersama teman-teman, Adi menuju Atrium Liverpool yang udah terkenal di kalangan anak muda di Kabupaten Lahat. Tempat makan satu ini terletak di depan pintu gerbang masuk Gedung Olah Raga Bukit Tunjuk Kabupaten Lahat, tempat yang strategis buat anak-anak muda menghabiskan waktu sambil menikmati berbagai sajian makanan dan minuman yang dapat dipesan di Atrium Liverpool.

Berbagai jenis nasi goreng, paket ayam, seafood, jajanan, mie & kwetiaw, aneka jus tersedia disana. Teman-teman yang juga suka berwisata kuliner, bisa datang langsung kesana. Atrium Liverpool Lahat juga melayani paket pesan antar alamat untuk Lahat dan sekitarnya (minimal 2 porsi pesanan), ada juga tersedia paket catering, Birthday Party Sale 12%, Office Party, dan discount 10% jika pesanan di atas Rp.100.000,-. Contact person: Jerry (081996644004) atau Track (087714822277).

UPDATE: TOKO SUDAH TUTUP

Wisata Kuliner Lahat: Nasi Goreng Bakar, Kedai Alank

Nikmatnya nasi goreng bakar di Kedai Alank Lahat, salah satu makanan favorit kalo Adi berkunjung di Kedai Alank Lahat. Kedai Alank yang beralamat di Bandar Jaya Lahat ini memberikan menu yang sangat beragam, dari menu tradisional Indonesia, juga menyediakan menu western. Dari segi harga juga tidak terlalu menguras kantong, tempat yang lumayan cozy, membuat pelanggan betah berlama-lama disana.

My Sista with “Nasi Goreng Bakar”

Nasi Goreng Bakar sendiri dibanderol dengan harga Rp.13.000,- dan aneka jus dengan harga Rp.5.000,- s/d Rp.8.000,-. Dengan uang gak sampe Rp.50.000,-, kita udah bisa menenangkan perut yang udah keroncongan untuk porsi dua orang. Terakhir berkunjung kesana dengan adek tersayang, pulang dari foto-foto di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, kami sempatkan mampir ke Kedai Alank untuk mengganjal perut. Kami pesan 2 porsi Nasi Goreng Bakar (@ Rp.13.000,-), 1 jus alpukat (Rp.5.000,-), 1 Cappucino Oreo (Rp.6.000,-), dan French Fries (Rp.5.000,-) dengan uang pecahan Rp.50.000,- masih mendapat kembalian Rp.8.000,-. Selain menu yang kami pesan, masih banyak pilihan lainnya yang dapat dipilih sesuai selera dan kantong anda. Selamat berwisata kuliner di Kabupaten Lahat.