Wisata Makam ‘Puyang’ Mahbiluk Sakti Desa Air Lingkar Pagar Gunung Lahat. Sebelumnya Adi memang tidak merencanakan akan ziarah ke Makam Puyang Mahbiluk Sakti Desa Air Lingkar Pagar Gunung Lahat. Hari minggu kemarin, Adi diajak oleh paman yang juga belum pernah kesana. Daripada tidak ada kerjaan di rumah, mendingan ikut, lagipula Adi juga ingin tahu banyak tentang  asal usul tanah kelahiran

nenek moyang Adi.

Adi di Makam Puyang Mahbiluk Sakti

Kami berangkat dari Lahat sekitar pukul 09.00 WIB dan tiba disana pukul 10.30 WIB. Sebelum menuju ke desa Air Lingkar, tempat makam berada, kami singgah sebentar di desa Sapai, menemui keluarga, Nenek Gadis. Beliau menyuruh kami untuk menemui Pak Supar (Wak/Pakde Adi) di desa Air Lingkar sebagai penunjuk jalan ke makam.

Ziarah di makam

Setelah tiba di desa Air Lingkar, kami diantar menuju ke Makam Puyang Mahbiluk Sakti yang letaknya tidak jauh dari rumah. Makam ini direnovasi pada tahun 2007 oleh Imros Sumarni, Syamsul A., Jang Sakti, yang masih keluarga Adi. Hal ini mengingatkan Adi bahwa siapa lagi yang akan meneruskan budaya nenek moyang selain kita sendiri sebagai penerusnya.

Makam, tampak dari kejauhan